Dalam lingkungan bisnis yang sangat kompetitif dan didorong oleh kualitas saat ini, perusahaan seringkali mencari pengakuan dan validasi atas komitmen mereka terhadap keunggulan melalui akreditasi dan sertifikasi ISO. Meskipun akreditasi dan sertifikasi ISO memiliki tujuan yang berbeda, keduanya saling melengkapi dalam menunjukkan kepatuhan organisasi terhadap standar industri dan praktik terbaik. Istilah akreditasi dan sertifikasi mewakili konsep yang sangat berbeda. Dengan memahami perbedaannya terutama dalam konteks bisnis, sangat penting untuk kejelasan dan keakuratan dalam operasi bisnis. Kedua konsep tersebut merupakan bagian terpenting dari peningkatan berkelanjutan dalam organisasi.
Apa itu Sertifikasi?
Sertifikasi sama halnya seperti mendapatkan persetujuan. Hal ini menunjukkan bahwa seseorang, produk, atau perusahaan telah memenuhi persyaratan standar tertentu. Persetujuan ini berasal dari lembaga sertifikasi yang melakukan penilaian rutin untuk memverifikasi bahwa semua persyaratan standar tertentu telah dipenuhi. Sebagai contoh, jika sebuah perusahaan mendapatkan sertifikasi ISO 9001, menunjukkan cara perusahaan tersebut dalam mengelola kualitas dan telah memenuhi persyaratan standar ISO 9001. Sertifikasi adalah proses untuk memverifikasi bahwa suatu produk atau layanan tertentu telah memenuhi persyaratan standar yang berlaku. 7 tips & trick sertifikasi ISO.
Manfaat Sertifikasi untuk Bisnis
Berikut sejumlah manfaat yang akan didapatkan jika perusahaan memiliki sertifikasi :
- Meningkatkan kehandalan di sektor bisnis
- Meningkatkan kualitas, dan mengelola proyek dengan lebih efektif
- Meningkatkan pendapatan bisnis
- Memenuhi standar layanan pelanggan yang spesifik sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan
- Perusahaan bersertifikat ISO dapat lebih kompetitif di pasar karena dipandang sebagai pemasok yang handal dan dapat dipercaya.
- Perusahaan yang disertifikasi oleh ISO harus mematuhi pedoman yang ketat dan tunduk pada audit rutin. Hal ini memastikan bahwa mereka bertanggung jawab atas tindakan dan komitmen mereka.
Apa itu Akreditasi
Akreditasi setara dengan pemeriksaan kompetensi dan kemampuan para asesor. Akreditasi merupakan persetujuan tingkat tinggi yang diberikan kepada organisasi yang memberikan sertifikasi sistem manajemen untuk melakukan pengujian laboratorium atau melakukan inspeksi. Badan akreditasi akan menilai organisasi yang menerbitkan sertifikat untuk memastikan bahwa mereka memiliki kompetensi yang tepat dan telah melakukan penilaian tanpa memihak dan sesuai dengan standar yang disyaratkan.
Manfaat Akreditasi untuk Bisnis
Akreditasi mempunyai 5 manfaat penting untuk bisnis, seperti :
- Meningkatkan hasil akhir dan mengurangi risiko.
- Mengidentifikasi kekuatan dan kesenjangan dalam program dan proses Anda.
- Mendorong komunikasi dan pemberdayaan staf di seluruh organisasi.
- Menumbuhkan budaya kualitas dan keselamatan.
- Mengurangi risiko dan biaya pertanggungjawaban.
Perbedaan Sertifikasi vs Akreditasi
Hubungi Kami
Segera diskusikan kebutuhan Konsultansi dan Pendampingan Sertifikasi Sistem Manajemen Perusahaan Anda bersama SMI Konsultan.