Dalam perkembangan bisnis yang semakin kompetitif saat ini, memastikan kualitas merupakan hal yang sangat penting untuk kesuksesan jangka panjang dan kepuasan pelanggan. Salah satu cara efektif yang digunakan banyak perusahaan untuk mencapai dan mempertahankan standar kualitas tinggi adalah dengan melakukan implementasi ISO 9001. ISO 9001 adalah standar yang diakui secara internasional yang dapat menguraikan persyaratan untuk meningkatkan kualitas mutu maupun produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Ketahui juga meningkatkan peluang perdagangan global dengan standar mutu produk.
Kesalahan Implementasi ISO 9001
Dalam melakukan implementasi standar ISO 9001, terkadang perusahaan menghadapi beberapa kesalahan umum yang sering terjadi, seperti :
- Tidak Mendapat Dukungan dan Komitmen dari Manajemen Puncak
Sebelum melakukan implementasi ISO 9001, pastikan untuk mendapat dukungan penuh dari manajemen puncak karena jika manajemen puncak tidak memiliki komitmen yang kuat, tidak menyediakan sumber daya yang jelas untuk merencanakan, mengendalikan, dan meningkatkan proses maka implementasi ISO 9001 tidak dapat berjalan dengan efektif.
- Tidak Mengadakan Pelatihan bagi Karyawan yang Terlibat Langsung dalam Implementasi ISO 9001
Salah satu permasalahan yang sering terjadi adalah kurangnya pengetahuan dan pemahaman karyawan yang terlibat langsung dalam implementasi mengenai standar ISO 9001. Oleh karena itu, sangat penting bagi perusahaan untuk mengadakan pelatihan.
- Tidak Melatih Semua Karyawan
Selain yang terlibat langsung dalam implementasi, perusahaan juga harus melatih semua karyawan tanpa terkecuali. Seluruh karyawan dalam lingkup perusahaan harus sama-sama mengetahui apa saja persyaratan implementasi dan bagaimana implementasi dilakukan.
- Membuat Sistem yang Terlalu Kompleks
Membuat sistem yang terlalu kompleks juga akan menimbulkan kesalahan. Oleh karena itu, perusahaan harus membuat sistem yang sederhana dan praktis.
- Tidak Menggunakan Proses dengan Baik dan Benar
Umumnya permasalahan yang terjadi dalam implementasi ISO 9001 bersifat berulang, sehingga perusahaan perlu menggunakan proses tindakan korektif dengan benar untuk menghilangkan dan meminimalisir masalah yang ada.
- Tidak Mengetahui Keinginan Pelanggan
Perusahaan perlu meluangkan waktu untuk mendengarkan pelanggan, karena salah satu tujuan implementasi ISO 9001 adalah untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.
- Proses Implementasi yang Dilakukan Terburu-buru
Untuk mendapatkan sistem manajemen mutu yang efektif, diperlukan tenaga dan waktu dalam implementasi ISO 9001 perusahaan melalui beberapa tahapan. Oleh karena itu, implementasi yang dilakukan dengan waktu yang singkat akan menjadi masalah bagi perusahaan.
- Tidak Memiliki Auditor Internal yang Terlatih dan Pengalaman
Auditor internal harus mempunyai pengalaman dan kualifikasi yang sesuai, karena auditor internal mempunyai peran penting seperti mampu membedakan rincian kecil dari masalah besar dan membantu perusahaan untuk meningkatkan proses.
- Percaya akan Keberhasilan Perusahaan Lain
Perusahaan harus fokus pada konteks mereka sendiri untuk membangun dan mengembangkan sistem manajemen mutu.
- Menyerahkan Tanggung Jawab Implementasi pada Satu Orang
Umumnya implementasi merupakan tanggung jawab bersama antara perusahaan dan karyawan. Jika proses implementasi diberikan kepada satu orang, proses ini tidak akan efektif. Ketahui juga menyusun rencana kebutuhan industri dengan ISO 9001.
Hubungi Kami
Segera diskusikan kebutuhan Konsultansi dan Pendampingan Sertifikasi Sistem Manajemen Perusahaan Anda bersama SMI Konsultan.