ISO 9001:2015 merupakan standar internasional yang membahas sistem manajemen kualitas dan memuat persyaratan umum yang harus dipenuhi oleh organisasi yang ingin memastikan kualitas produk atau layanan yang dihasilkan. Integrasi ISO 9001:2015 dengan Sistem Manajemen lainnya perlu diketahui.
ISO 9001:2015 bersifat generik, artinya standar yang sama dapat diterapkan pada berbagai organisasi baik besar maupun kecil, apapun produk dan layanannya, dalam sembarang aktivitas suatu sektor, dan apakah itu adalah perusahaan bisnis, layanan publik atau departemen pemerintahan.
Pentingnya Integrasi ISO 9001:2015
ISO 9001:2015 sangat layak dan bisa membantu bisnis perusahaan mempertahankan produk dan layanan berkualitas tinggi serta meyakinkan klien bahwa perusahaan memprioritaskan keamanan informasi.
ISO ini memiliki struktur Annex SL, yang berarti bahwa klausa mereka disajikan dalam urutan dan format yang sama untuk membentuk kerangka kerja yang sama. Hal ini berarti perusahaan dapat menyelaraskan proses untuk kesederhanaan dan efisiensi yang lebih besar.
Beberapa hal yang Bisa Mengurangi Kemungkinan Dampak Negatif dari Suatu Perusahaan
- Plan (Rencana)
Pemilik didefinisikan dengan jelas. Pemimpin mengambil tanggung jawab dan proses didokumentasikan dan dikomunikasikan dengan baik.
- Do (Melakukan)
Kebutuhan pelatihan diidentifikasi dan dipenuhi, sementara sumber daya dialokasikan secara efektif selama operasi.
- Check (Pemeriksaan)
Pemeriksaan rutin dilakukan untuk memeriksa keefektifan sistem, dengan risiko dan kegagalan diidentifikasi dan didokumentasikan.
Baca juga: 10 perubahan utama sistem manajemen mutu ISO 9001:2015
- Act (Tindakan)
Perbaikan yang bermanfaat dilakukan melalui sistem tunggal yang terintegrasi, dan keunggulan dicapai melalui wawasan praktik terbaik terhadap kepatuhan.
Manfaat Integrasi ISO 9001:2015
- Dengan mengintegrasikan kedua sistem manajemen, membuat banyak sinergi yang memungkinkan sumber daya gabungan untuk menghemat waktu hingga 30%, sehingga lebih hemat uang untuk memelihara dan meningkatkan sistem manajemen.
- Melalui pendekatan sistem manajemen holistik yang mewujudkan praktik terbaik internasional, organisasi dapat menunjukkan kepatuhan terhadap dan ISO 9001 kepada pelanggan, badan sertifikasi, dan otoritas pengatur.
- Dengan mengintegrasikan manajemen kualitas dan keamanan informasi, organisasi bisa menunjukkan kualitas dan keamanan proses mereka, serta mencapai keunggulan kompetitif yang signifikan melalui peningkatan kinerja organisasi, pengurangan risiko, kepuasan pelanggan yang lebih baik, dan peningkatan reputasi dan daya jual.
Manfaat ISO 9001:2015
- Memudahkan dalam Integrasi
Dengan di adopt nya HLS ( High Level Structure ) maka akan mempermudah organisasi untuk mengintegrasi beberapa management sytem sekaligus. Dengan struktur yang identik, maka penomoran klasul di beberapa management sistem di ISO akan sama.
- Memperkenalkan Pendekatan Berbasis Resiko
ISO 9001:2015 sudah mulai diperkenalkan pendekatan berbasis resiko. Hal ini akan membantu organisasi dalam mengidentifikasi, mengelola, memonitor, dan mengurangi terjadinya resiko dalam bisnis.
- Fokus untuk Mencapai Sasaran Mutu
Pengukuran kinerja menjadi salah satu klausa baru di ISO 9001:2015. Klausa 6.2.2 membutuhkan suatu organisasi untuk menentukan pekerjaan yang diperlukan dalam rangka mewujudkan sasaran mutu, sumber daya yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan ini, siapa yang akan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa pekerjaan dilakukan, kapan pengurukuran sasaran mutu ini selesai dilakukan dan bagaimana hasilnya dievaluasi.