Total quality management (TQM) mengacu pada pengelolaan proses untuk meningkatkan kualitas barang atau jasa demi kepuasan pelanggan. Pendekatan ini melibatkan peningkatan yang konsisten melalui semua tingkatan karyawan dengan mengidentifikasi dan menghilangkan risiko, menyederhanakan rantai pasokan, dan menggunakan metode pembelajaran berkelanjutan. Simak tujuan dan manfaat manajemen kinerja di perusahaan.
Penelitian menunjukkan bahwa Total quality management (TQM) mempengaruhi 71,7% perilaku produktif. Dengan demikian, pemahaman menyeluruh tentang total quality management dan implementasinya sangat penting bagi bisnis. Total quality management berfokus pada pencapaian tujuan jangka panjang untuk menghasilkan produk berkualitas tinggi dengan sukses di pasar yang kompetitif.
Total Quality Management (TQM)
Total quality management adalah sebuah pendekatan yang terstruktur untuk manajemen organisasi secara keseluruhan. Fokus dari proses ini adalah untuk meningkatkan kualitas output organisasi, termasuk barang dan jasa melalui peningkatan praktik internal yang berkesinambungan. Standar industri yang berlaku saat ini telah ditetapkan sebagai bagian dari pendekatan total quality management yang mencerminkan prioritas internal. Standar industri ini dapat diterapkan di berbagai tingkatan dan dapat mencakup kepatuhan terhadap berbagai hukum dan peraturan yang mengatur operasi bisnis tertentu. Standar industri juga dapat mencakup produksi barang sesuai dengan pedoman dan aturan yang dipahami.
Total quality management telah dianggap sebagai proses yang berfokus pada pelanggan dan peningkatan manajemen operasi bisnis secara konsisten. Total quality management berusaha untuk memastikan bahwa semua karyawan yang terkait dapat bekerja untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kualitas produk atau layanan, serta meningkatkan prosedur yang ada untuk produksi.
Pentingnya Total Quality Management
Total quality management sangat penting bagi bisnis karena beberapa alasan. Pertama, total quality management dapat membantu meningkatkan kepuasan pelanggan dengan merampingkan manajemen rantai pasokan dan berfokus pada pemenuhan atau melampaui harapan pelanggan dengan cara meningkatkan loyalitas pelanggan dan pembelian repetitif dikarenakan peran staf yang terlatih dan produk yang berkualitas. Kedua, total quality management dapat meningkatkan moral karyawan. Dengan memberdayakan karyawan untuk berpartisipasi dalam proses peningkatan kualitas, dapat menciptakan tenaga kerja yang lebih aktif dan memiliki semangat kerja yang tinggi. Berikut beberapa manfaat dari penerapan total quality management pada bisnis :
- Peningkatan kualitas dan produktivitas
- Peningkatan kepuasan pelanggan
- Peningkatan keterlibatan karyawan
- Keunggulan kompetitif
- Memperkuat hubungan pemasok
Hubungi Kami
Segera diskusikan kebutuhan Konsultansi dan Pendampingan Sertifikasi Sistem Manajemen Perusahaan Anda bersama SMI Konsultan