Pelayanan publik menjadi sektor penting dan tidak dapat dipisahkan dari aktivitas masyarakat sehari-hari, maka dari itu harus memberikan kenyamanan pada publik dan memberikan Standar pelayanan yang akan menjadi tolak ukur dan dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau, dan teratur.
Pelayanan publik juga harus memberikan pelayanan yang berkualitas dan nyaman kepada masyarakat, pelayanan yang baik hanya dapat diwujudkan apabila dalam organisasi terdapat sistem pelayanan yang mengutamakan kebutuhan masyarakat. Menurut Undang-Undang No.23 Tahun 2014 tentang pelayanan publik menyatakan bahwa sertifikasi ISO 9001 menjadi salah satu upaya dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Maka dari itu, dalam peningkatan kualitas layanan, institusi terkait dapat melakukan penerapan iso 9001:2015 di perusahaan yang akan memberikan pedoman untuk sistem manajemen mutu.
ISO 9001 adalah standar internasional yang mengatur tentang sistem manajemen mutu. Standar ISO ini dikeluarkan oleh badan standar internasional atau international organization of standardization dengan tujuan untuk membantu organisasi dalam mendirikan, mengimplementasikan, mempertahankan dan meningkatkan sistem manajemen mutu sehingga dapat menghasilkan produk, jasa, atau layanan dengan kualitas tinggi.
Baca juga: Pengenalan ISO 9001:2015
Peran ISO 9001 dalam meningkatkan kualitas layanan publik
penerapan iso 9001:2015 di perusahaan mempunyai peranan penting dalam membantu instansi untuk dapat meningkatkan kualitas layanan publik dengan cara :
1.Fokus kepada pelanggan
Sebelum meningkatkan layanan, instansi terkait harus memahami kebutuhan masyarakat, dengan cara ini maka instansi akan dapat memberikan pelayanan yang sesuai dan efektif sesuai apa yang diharapkan oleh masyarakat.
2. Kepemimpinan dan keterlibatan semua pihak
Keterlibatan para pemangku kepentingan sangat diperlukan terutama dalam melakukan peningkatan layanan. Kegiatan ini harus diikuti oleh setiap unsur organisasi. Semakin banyak pihak yang berpartisipasi semakin efektif juga kualitas yang diberikan.
3. Pendekatan proses
Melakukan pendekatan proses melibatkan sumber seperti tenaga manusia, mesin, teknologi, dan juga peralatan, semua sumber daya ini harus diintegrasikan secara bersama dan tepat supaya peningkatan kualitas layanan dapat dilakukan secara efektif.
4. Pendekatan sistem terhadap manajemen
Pendekatan ini akan memfokuskan pada usaha yang nantinya akan memberikan kontribusi dalam mencapai tujuan dalam hal ini adalah peningkatan kualitas layanan
5. Melakukan peningkatan secara terus menerus
Perbaikan dan peningkatan layanan harus dilakukan secara berkala dan terus menerus supaya kualitas layanan dapat terjaga dengan baik.
Baca juga: Manfaat ISO 9001:2015 bagi perusahaan
Konsultasikan kebutuhan sistem manajemen Anda bersama Solusi Mutu Integritas, sebuah lembaga konsultasi terpercaya dan berpengalaman dalam memberikan layanan konsultasi sistem manajemen, khususnya ISO 9001. Layanan kami didukung oleh tenaga profesional yang handal dan berpengalaman di bidangnya.
Hubungi Kami
Segera diskusikan kebutuhan Konsultansi dan Pendampingan Sertifikasi Sistem Manajemen Perusahaan Anda bersama SMI Konsultan