Lean management adalah metode untuk membangun budaya perusahaan yang mendukung peningkatan berkelanjutan. Metode ini melibatkan pendekatan jangka panjang terhadap pekerjaan sehari-hari yang mendorong perubahan kecil untuk meningkatkan kualitas dan efisiensi dalam proses bisnis. Simak strategi pengembangan bisnis dengan analisis SWOT.
Tujuan utama dari lean management adalah untuk menciptakan nilai bagi pelanggan dengan mengoptimalkan sumber daya dan menciptakan alur kerja yang tidak terputus. Selain itu, pendekatan ini berupaya meminimalkan atau menghilangkan semua pemborosan sumber daya, proses, dan waktu dengan mendokumentasikan setiap langkah dalam proses produksi. Konsep lean management banyak digunakan pada industri manufaktur, tapi saat ini lean management telah diadaptasi agar sesuai untuk semua industri.
Penerapan Lean Management
1. Identifikasi Nilai Pelanggan
Langkah pertama dalam lean management adalah menemukan masalah yang ingin diselesaikan oleh pelanggan dan menciptakan produk atau layanan yang memberi solusi. Setiap aktivitas atau proses yang tidak menambah nilai, kegunaan, atau kepentingan pada produk harus dihilangkan.
2. Memetakan Aliran Nilai
Pemetaan aliran nilai adalah proses mendokumentasikan alur kerja organisasi, termasuk proses dan orang-orang yang berkontribusi dalam menciptakan produk bagi pelanggan. Pemetaan aliran nilai mencari tim atau orang yang bertanggung jawab dalam sebuah proses. Kemudian mengidentifikasi, mengukur dan memvisualisasikannya untuk meningkatkan setiap proses. Pemetaan aliran nilai yang efektif mengidentifikasi aktivitas mana yang tidak memberikan nilai pada produk atau layanan. Manajer kemudian dapat memulai upaya untuk mengurangi pemborosan.
3. Menciptakan Alur Kerja yang Tidak Terputus
Menciptakan alur kerja yang tidak terputus atau berkesinambungan mengharuskan setiap output bergerak dengan lancar dan mencegah kemacetan yang terjadi dalam operasi bisnis.
4. Beroperasi dengan Sistem yang Efektif
Beroperasi dengan sistem secara efektif dapat memastikan bahwa alur kerja tetap terus bekerja secara berkelanjutan dan membantu tim menghasilkan output yang cepat dan efisien. Hasilnya, biaya penyimpanan berkurang dan biaya overhead dapat diminimalkan.
5. Mencapai Peningkatan Berkesinambungan
Untuk mencapai peningkatan berkelanjutan, diperlukan berbagai teknik yang membantu mendokumentasikan apa yang saat ini dilakukan oleh organisasi, apa yang perlu dilakukan, dan tantangan apa yang mungkin timbul dalam mencapai kondisi yang diinginkan. Setiap anggota organisasi diharapkan dapat membantu membuat proses menjadi lebih baik.
Hubungi Kami
Segera diskusikan kebutuhan Konsultansi dan Pendampingan Sertifikasi Sistem Manajemen Perusahaan Anda bersama SMI Konsultan.