Balanced scorecard telah menjadi alat penting bagi perusahaan yang ingin mengelola kinerja secara efektif dalam perkembangan bisnis yang semakin kompetitif saat ini. Kerangka kerja yang komprehensif pada balanced scorecard ini memungkinkan bisnis untuk mengevaluasi kinerja dari berbagai perspektif, termasuk pelanggan, proses internal, pertumbuhan, serta hasil keuangan. Dengan menggabungkan berbagai aspek ini ke dalam proses manajemen kinerja, perusahaan dapat memperoleh pandangan yang lebih lengkap dan seimbang tentang kinerja mereka secara keseluruhan. Ketahui tujuan dan manfaat manajemen kinerja di perusahaan.
Dengan balanced scorecard, perusahaan dapat mengidentifikasi dan menyelaraskan tujuan strategis mereka dengan KPI (key performance indicator). Pendekatan ini memungkinkan perusahaan untuk menghitung kemajuan, mengukur keberhasilan, dan membuat keputusan berdasarkan data yang mengarah pada hasil bisnis yang lebih baik. Balanced scorecard membantu menumbuhkan budaya perbaikan dan inovasi yang berkesinambungan dan mendorong perusahaan menuju kesuksesan jangka panjang.
Apa Itu Balanced Scorecard
Balanced scorecard adalah sistem manajemen yang bertujuan untuk menerjemahkan tujuan strategis perusahaan ke dalam seperangkat tujuan kinerja bisnis yang dapat diukur, dipantau dan diubah untuk memastikan bahwa tujuan strategis perusahaan terpenuhi. Sistem balanced scorecard bertujuan untuk memberikan pandangan yang lebih komprehensif kepada para pemangku kepentingan dengan membuat strategi dan metode metrik tambahan yang dapat mengukur kinerja di berbagai bidang.
Pendekatan balanced scorecard mengkaji kinerja dari empat perspektif.
- Analisis keuangan, yang mencakup perhitungan seperti pendapatan operasional, profitabilitas, dan laba atas investasi.
- Analisis pelanggan, yang melihat investasi dalam penerapan layanan dan retensi pelanggan.
- Analisis internal, yang melihat bagaimana proses bisnis internal terkait dengan tujuan strategis.
- Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, menyediakan infrastruktur analisis-analisis tersebut tercapai.
Implementasi Balanced Scorecard
Berikut 6 tahapan efektif yang bisa Anda lakukan dalam implementasi balanced scorecard terutama dalam evaluasi kinerja perusahaan :
1. Menilai Fondasi Perusahaan
Perusahaan harus membentuk tim terkait untuk merumuskan dan membangun balanced scorecard. Selain itu juga melakukan identifikasi kebutuhan dan faktor-faktor yang mendukung perusahaan dalam mencapai tujuan yang diinginkan. Melakukan penilaian fondasi perusahaan dapat dilakukan dengan menggunakan metode analisis SWOT (strength, weakness, opportunities, threats).
2. Identifikasi Strategi Bisnis
Strateg didapatkan dari misi dan hasil penilaian fondasi perusahaan. Pada tahapan ini perusahaan harus memberikan keputusan terkait tindakan apa yang akan diambil untuk mencapai tujuan bisni. Selain itu, perusahaan juga harus mempertimbangkan pendekatan dan seberapa banyak sumber daya yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
3. Identifikasi Tujuan Perusahaan
Identifikasi tujuan perusahaan dapat dilakukan dengan melihat aktivitas-aktivitas yang dilakukan perusahaan untuk mencapai strategi dan waktu yang dibutuhkan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Tujuan ini harus dinyatakan dalam bentuk yang spesifik, dapat diukur, dicapai, berorientasi pada hasil, serta memiliki batas waktu untuk mencapai visi dan misi perusahaan.
4. Membuat Strategic Map
Strategic map dapat dibuat dengan menggabungkan strategi dan tujuan secara bersama. Cara ini akan meningkatkan kemampuan karyawan dan mengurangi tahapan dalam procurement.
5. Mengukur Performance
Perusahaan dapat mengukur dan memantau efektivitas strategi perusahaan dalam mencapai tujuan dan misi yang diinginkan. Mengukur performance juga dapat membantu perusahaan ke arah yang lebih baik.
6. Menyusun Inisiatif
Sebelum menetapkan dan menyusun inisiatif, perusahaan harus menentukan target yang diinginkan. Setelah itu perusahaan dapat membuat program-program untuk mencapai target yang telah ditentukan.
Hubungi Kami
Jika membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai Konsultasi ISO 9001, Kami akan senantiasa untuk membantu.