Total quality management (TQM) adalah pendekatan manajemen yang berfokus pada peningkatan kualitas dan kinerja di semua fungsi departemen untuk memberikan layanan berkualitas. TQM memperluas cakupan kualitas setiap departemen dari manajemen puncak hingga karyawan tingkat bawah. Ketahui juga tujuan penting total quality management.
Melalui TQM, semua karyawan dilatih secara profesional dan didorong untuk mengambil keputusan sendiri untuk meningkatkan kualitas secara keseluruhan dan mencapai standar yang lebih tinggi. Menerapkan TQM dapat membantu perusahaan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan, mengurangi biaya, dan menumbuhkan kerja sama tim. Perusahaan juga dapat memperoleh laba yang lebih tinggi atas penjualan dan investasi.
Prinsip Total Quality Management (TQM)
Sebelum menerapkan total quality management pada bisnis, kamu harus mengetahui 8 prinsip penting dari total quality management yaitu:
1. Fokus kepada Pelanggan
Prinsip pertama dari total quality management adalah dengan menempatkan fokus pada orang-orang yang membeli produk atau layanan kamu.
2. Komitmen Karyawan
Perusahaan tidak dapat meningkatkan produktivitas, proses, atau penjualan tanpa komitmen dari semua karyawan. Karyawan harus memahami visi dan tujuan yang telah dikomunikasikan. Karyawan juga harus dilatih secara memadai dan diberikan sumber daya yang tepat untuk menyelesaikan tugas agar berkomitmen untuk mencapai tujuan.
3. Pendekatan Proses
Mematuhi proses sangat penting dalam manajemen kualitas. Proses memastikan bahwa perusahaan telah mengambil langkah yang tepat untuk memastikan konsistensi dan mempercepat produksi.
4. Sistem yang Terintegrasi
Total quality management sangat menekankan sistem terintegrasi. Dalam sistem yang terintegrasi, semua orang di setiap departemen harus memiliki pemahaman yang menyeluruh tentang kebijakan, standar, tujuan, dan proses. Sistem yang terintegrasi membantu perusahaan untuk mencari peningkatan yang berkelanjutan untuk mencapai keunggulan dalam persaingan.
5. Pendekatan Strategis dan Sistematis
Pendekatan strategis dan sistematis membantu perusahaan dalam mengidentifikasi, memahami, dan mengelola proses yang saling terkait efektivitas dan efisiensi perusahaan dalam mencapai tujuannya.
6. Peningkatan Berkelanjutan
Perusahaan harus terus mencari cara untuk meningkatkan proses menyesuaikan produk dan layanan seiring dengan perubahan kebutuhan pelanggan. Prinsip total quality management ini dapat membantu bisnis untuk terus melakukan perbaikan terus-menerus.
7. Pengambilan Keputusan berdasarkan Fakta
Analisis dan pengumpulan data dapat menghasilkan keputusan yang lebih baik berdasarkan informasi yang tersedia. Membuat keputusan berdasarkan informasi yang dimiliki akan menghasilkan pemahaman yang lebih baik tentang pelanggan dan pasar.
8. Komunikasi
Semua orang di perusahaan perlu mengetahui rencana, strategi, dan metode yang akan digunakan untuk mencapai tujuan. Ini dikarenakan ada risiko kegagalan yang lebih besar jika perusahaan tidak memiliki rencana komunikasi yang baik.
Hubungi Kami
Segera diskusikan kebutuhan Konsultansi dan Pendampingan Sertifikasi Sistem Manajemen Perusahaan Anda bersama SMI Konsultan.