Persaingan bisnis yang semakin ketat membuat perusahaan harus mempunyai strategi dan langkah yang tepat supaya tetap bertahan, banyak cara yang bisa dilakukan salah satunya adalah dengan menerapkan total quality management. total quality management atau TQM dapat menciptakan lingkungan dimana inovasi, pencegahan masalah, dan perbaikan berkelanjutan menjadi fokus utama, dengan tujuan utama meningkatkan kepuasan pelanggan. Ketahui juga prinsip dan manfaat total quality management bagi bisnis
Apa itu Total Quality Management?
Total quality management (TQM) adalah filosofi dan pendekatan manajemen yang komprehensif yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas produk, layanan, dan proses secara terus menerus dalam suatu perusahaan. TQM berfokus pada memenuhi atau melampaui harapan pelanggan dengan menekankan pengambilan keputusan berdasarkan data dan peningkatan proses berkelanjutan. TQM tidak terbatas pada industri atau sektor tertentu dan dapat diterapkan pada manufaktur, jasa, kesehatan, pendidikan, dan bidang lainnya.
TQM` adalah sebuah metode di mana manajemen dan karyawan dapat terlibat dalam peningkatan produksi barang dan jasa secara terus menerus. Metode ini merupakan kombinasi dari alat bantu kualitas dan manajemen yang bertujuan untuk meningkatkan bisnis dan mengurangi kerugian akibat praktik-praktik pemborosan. Total quality management (TQM) mengacu pada metode manajemen yang digunakan untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas dalam organisasi bisnis.
Tujuan Total Quality Management (TQM)
Total quality management adalah sebuah pendekatan untuk mengintegrasikan semua aspek jaminan kualitas dengan upaya-upaya manajerial untuk meningkatkan kepuasan pelanggan dan kepuasan karyawan, sementara itu TQM juga dapat menjaga dan meningkatkan kepentingan pemegang saham. TQM memberikan penegasan kualitas bahwa pelanggan akan mendapatkan apa yang mereka harapkan, sama halnya dengan siklus untuk menangani pelanggan yang tidak puas, dan membuat perubahan yang diperlukan. TQM mengendalikan semua kegiatan dan upaya yang diharapkan untuk menjaga supaya tetap optimal di dalam bisnis dan pelaksanaannya. Berikut ini tujuan penting dari TQM:
- Untuk mendeteksi, mengurangi dan menghilangkan kesalahan dalam proses manufaktur:
- Untuk mencegah masalah sebelum terjadi
- Untuk merampingkan operasi rantai pasokan
- Untuk meningkatkan layanan pelanggan
- Untuk memastikan bahwa karyawan terlatih dalam hal kualitas
- Untuk meningkatkan produktivitas karyawan
- Untuk fokus pada peningkatan proses yang berkelanjutan
Hubungi Kami
Diskusikan kebutuhan konsultansi dan pendampingan sertifikasi Anda bersama kami. Kami siap membantu Anda