Semakin meningkatnya persaingan bisnis, perusahaan harus mempunyai strategi yang tepat supaya bisa memenangkan persaingan yang ada, salah satu langkah efektif yang dapat diterapkan oleh perusahaan adalah dengan menjaga dan meningkatkan kualitas dengan cara ini konsumen akan lebih percaya terhadap produk maupun jasa yang dihasilkan. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk bisa meningkatkan kualitas yaitu dengan menerapkan total quality management atau TQM. Lalu, apa itu TQM dan apa saja manfaat penerapannya di perusahaan? simak penjelasan berikut ini!
Apa itu TQM (Total Quality Management)
Total quality management adalah proses berkelanjutan untuk mendeteksi dan mengurangi atau menghilangkan kesalahan dalam manufaktur. Hal ini merampingkan manajemen rantai pasokan, meningkatkan pengalaman pelanggan, dan memastikan bahwa karyawan mengikuti pelatihan.
Total quality management bertujuan untuk meminta pertanggungjawaban semua pihak yang terlibat dalam proses produksi atas keseluruhan kualitas produk atau layanan akhir. Total Quality Management merupakan kerangka kerja manajemen yang didasarkan pada keyakinan bahwa sebuah perusahaan dapat membangun kesuksesan jangka panjang dengan membuat semua anggotanya mulai dari pekerja hingga eksekutif untuk fokus pada peningkatan kualitas sehingga dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan.
Pendekatan manajemen ini digunakan untuk menyederhanakan manajemen rantai pasokan, serta untuk mendeteksi, mengurangi atau menghilangkan kesalahan. TQM mengharuskan perusahaan untuk berfokus pada perbaikan internal dan proses yang berkesinambungan dalam jangka panjang, sehingga meningkatkan kualitas produk atau jasa yang dihasilkan.
Prinsip-prinsip dan Proses Implementasi TQM
Proses umum penerapan TQM mengikuti langkah-langkah berikut:
- Perusahaan menilai budaya dan sistem manajemen mutu yang ada saat ini dan mengidentifikasi nilai-nilai inti.
- Manajemen memutuskan untuk berkomitmen pada TQM dan mengembangkan rencana induk TQM.
- Perusahaan mengidentifikasi dan memprioritaskan permintaan pelanggan.
- Manajemen memetakan proses-proses yang diperlukan untuk memenuhi kebutuhan pelanggan.
- Manajemen membentuk sebuah tim untuk mengawasi upaya-upaya perbaikan proses.
- Manajemen mulai berkontribusi pada proses dengan menyediakan perencanaan dan pelatihan tambahan.
- Manajemen menciptakan proses untuk menstandarkan manajemen proses harian.
- Manajemen secara terus menerus meminta umpan balik dari karyawan.
Manfaat TQM
Berikut beberapa manfaat dari penerapan total quality management :
- TQM dapat menciptakan produk dan layanan dengan benar untuk pertama kalinya, mengurangi penarikan produk, dan perbaikan produk.
- Menciptakan produk berkualitas tinggi yang memenuhi kebutuhan pelanggan sehingga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan, dan dapat meningkatkan pangsa pasar.
- Biaya yang lebih rendah, penghematan biaya akan mengalir ke laba dan menciptakan margin keuntungan yang lebih tinggi.
- Perusahaan yang mempraktikkan TQM dapat mengembangkan dan memelihara nilai-nilai inti seputar manajemen mutu dan peningkatan berkelanjutan. Ketahui juga langkah penanggulangan serangan siber di Indonesia
Hubungi Kami
Diskusikan kebutuhan konsultansi dan pendampingan sertifikasi Anda bersama kami. Kami siap membantu Anda