Konsep Keberlanjutan ISO 37001 SMAP
ISO 37001 SMAP atau sistem manajemen anti penyuapan merupakan standar internasional yang dikeluarkan oleh international organization of standardization (ISO). Standar ini menjadi acuan organisasi dalam menangani kasus korupsi dan penyuapan yang terjadi di perusahaan. Sampai saat ini, baik korupsi maupun penyuapan masih menjadi permasalahan besar yang umum terjadi dan berdampak sangat merugikan serta mengganggu kelancaran [...]
Read MoreMenjamin Kualitas Informasi dengan ISO 27001
ISO 27001 merupakan kerangka kerja perusahaan untuk menerapkan sistem manajemen keamanan informasi yang diperbarui pada oktober 2022 lalu. Standar ini dikembangkan untuk membantu perusahaan menjaga keamanan informasi maupun data penting lainnya berdasarkan prinsip kerahasiaan, integritas dan ketersediaan informasi dari berbagai resiko dan ancaman yang mungkin terjadi yang mengakibatkan kerugian fatal. Dalam hal ini kualitas informasi [...]
Read MorePahami Apa Itu Gap Analysis dan Peran Dalam Implementasi ISO
Dalam mengimplementasikan standar ISO perusahaan harus memahami apa itu gap analysis dan bagaimana caranya. Hal ini karena gap analysis merupakan elemen penting dalam menjamin keberhasilan penerapan sistem manajemen dan perbaikan berkelanjutan di perusahaan. Proses gap analysis dapat membantu perusahaan menemukan kerentanan pada sistem yang diterapkan sehingga dapat menemukan solusi untuk memperbaikinya serta meningkatkan kinerja sistem [...]
Read MorePeran Standar ISO dalam Keberlangsungan Bisnis Perusahaan
Seiring dengan adanya perkembangan industri tingkat persaingan bisnis pun semakin tinggi. Hal ini membuat perusahaan harus melakukan berbagai cara untuk bisa bersaing dengan para kompetitornya. Salah satu cara yang bisa dilakukan perusahaan dalam memenangkan persaingan bisnis adalah dengan menerapkan standar ISO. Standar ISO sendiri berisikan panduan untuk diterapkan oleh berbagai organisasi di berbagai bidang, seperti [...]
Read More7 Tips & Trick Sertifikasi ISO
Standar ISO diciptakan untuk membantu organisasi mencapai tujuan bisnis dengan memelihara dan meningkatkan sistem manajemen di Perusahaan. Keberhasilan Perusahaan dalam mendapatkan sertifikasi ISO membuktikan bahwa organisasi telah menerapkan standar ini sesuai ketentuan dan pedoman yang berlaku secara internasional. Sertifikasi ISO sendiri adalah bukti tertulis yang diberikan oleh lembaga sertifikasi terpercaya kepada organisasi yang telah memenuhi [...]
Read MorePeran ISO 27799 pada sektor kesehatan
Industri kesehatan menjadi salah satu industri yang selalu bisa beradaptasi dengan perkembangan zaman, salah satunya terhadap perkembangan teknologi. ISO 27799 hadir untuk mendukung sektor kesehatan menciptakan sistem keamanan yang kuat untuk memitigasi risiko ancaman keamanan siber di sektor kesehatan . Bagaimana peran ISO 27799 dalam menjaga keamanan informasi pada industri kesehatan? Simak pembahasannya. Pentingnya Keamanan [...]
Read MoreISO 37001 Untuk Menjaga Reputasi Perusahaan
Apa itu ISO 37001 dan kenapa sangat penting dalam menjaga reputasi? Simak pembahasan berikut ini!. Dalam dunia bisnis, reputasi adalah pilar yang harus dijaga konsistensinya. Dengan reputasi yang baik perusahaan dapat menarik minat pelanggan dan para investornya. Namun, jika reputasi organisasi rusak tentu dapat memberikan kerugian besar bagi perusahaan dan akan sulit mengembalikannya seperti keadaan [...]
Read MorePeran ISO 37001 SMAP Sebagai Solusi Kepercayaan Pelanggan
ISO 37001 SMAP atau sistem manajemen anti penyuapan adalah standar yang berisi sejumlah panduan untuk membantu perusahaan mengembangkan, menerapkan, memelihara serta meningkatkan sistem manajemen anti penyuapan yang efektif. Korupsi umumnya berawal dari adanya tindakan penyuapan yang dapat merusak reputasi perusahaan hingga mengurangi kepercayaan pelanggan. Maka dari itu, perusahaan harus menjaga dan meningkatkan kepercayaan pelanggan jika [...]
Read MorePenerapan ISO 9001 Pada Ruang Lingkup Pelayanan Publik
Pelayanan publik menjadi sektor penting dan tidak dapat dipisahkan dari aktivitas masyarakat sehari-hari, maka dari itu harus memberikan kenyamanan pada publik dan memberikan Standar pelayanan yang akan menjadi tolak ukur dan dipergunakan sebagai pedoman penyelenggaraan pelayanan dan acuan penilaian kualitas pelayanan sebagai kewajiban dan janji penyelenggara kepada masyarakat dalam rangka pelayanan yang berkualitas, cepat, mudah, [...]
Read More8 Perbedaan ISO 9001 dan ISO 27001
International Organization for Standardization (ISO) merupakan organisasi internasional yang telah menerbitkan sejumlah panduan dan standar yang mengatur tentang sistem manajemen. Banyak perusahaan di berbagai negara telah berhasil mendapatkan Sertifikasi ISO yang semakin populer dan dikenal akan kemampuannya dalam menunjukkan kepatuhan dan memenuhi persyaratan sebuah standar. Sampai saat ini standar ISO telah memiliki beragam standar dalam [...]
Read More